Cara Membuat Grafik di Excel

Untuk mengetahui sebuah peningkatan atau penurunan sesuatu, kita perlu data lengkap secara berkala. Kita bisa membuatnya dalam bentuk tabel maupun grafik. Untuk bentuk tabel, beberapa orang masih memiliki kesulitan dalam memahami karena biasanya akan terlalu banyak angka.

Sedangkan grafik lebih memudahkan karena diberikan gambaran secara langsung melalui gambar. Grafik sendiri bisa menyajikan laporan dengan lebih rapi, dengan macam variasi yang ada, grafik juga lebih banyak menarik perhatian. Canggihnya era, ekarang kamu bisa membuat grafik dengan mudah di Microsoft Excel.

Caranya adalah:

  1. Tuliskan dulu datamu secara lengkap seperti pada tabel. Sesuaikan setiap bagian-bagiannya dan serinya. Jangan sampai tercampur Jika sudah blok semua tabel dari yang sudah kamu isi tulisan.

    Siapkan Data yang Akan Ditampilkan dalam Bentuk Grafik - Cara Membuat Grafik Excel
    Siapkan Data yang Akan Ditampilkan dalam Bentuk Grafik – Cara Membuat Grafik Excel
  2. Jika sudah, lanjutkan ke menu Ribbon Insert dibagian Charts, cari “Recommended Charts” untuk menentukan model grafik yang kamu gunakan. Klik.

    Pilih Menu Insert dan Klik Recommended Charts
    Pilih Menu Insert dan Klik Recommended Charts
  3. Nah ini adalah pilihan dari menu membuat grafik dengan mudah di Microsoft Excel, kamu bisa memilih bentuk grafik berupa garis, lingkaran, batang, dan lain sebagainya. Lihatlah gambar disampingnya untuk bentuk yang lebih jelas. Saya disini akan mencoba menggunakan grafik garis karena lebih sering digunakan. Jika sudah klik OK dan lihat hasilnya.

    Kemudian Pilih Jenis Grafik yang Akan Dibuat
    Kemudian Pilih Jenis Grafik yang Akan Dibuat
  4. Seperti inilah gambaran dari grafik yang sudah saya pilih tadi. Untuk menu tambahan di “Chart Elements” bisa kamu sesuaikan sesuai kebutuhan semisal untuk menambahkan judul centang kotak “Axis Titles”. Disini saya akan menambahkan judul “Penjualan Masker”. Atau untuk memperjelas bagian naik turunnya data, bisa menggunakan menu “Error Bars”.

    Lakukan Pengeditan Grafik
    Lakukan Pengeditan Grafik
  5. Kemudian pada menu bagian yang bergambar kuas kamu bisa mengatur warna dari background grafik termasuk merubah warna dari masing-masing garis. Buatlah semenarik mungkin.

    Kamu Bisa Mengatur Warna Background Grafik
    Kamu Bisa Mengatur Warna Background Grafik
  6. Selanjutnya di menu ini kamu bisa menyesuaikan nama dari series yang kamu buat, ganti agar lebih mudah terbaca. Kamu juga bisa memilih bagian mana yang dimasukkan grafik dan mana yang tidak, hanya merubah centang yang ada.

    Bisa Juga Mengatur Warna dari Setiap Garis di Grafik
    Bisa Juga Mengatur Warna dari Setiap Garis di Grafik
  7. Dan ini adalah hasil akhir dari grafik yang saya buat. Untuk lebih memahami, kamu bisa langsung mencobanya di Microsoft excel dan buatlah grafik sesuai gaya kamu.

    Hasil Grafik di Excel
    Hasil Grafik di Excel
  8. Selesai.

Itulah cara membuat data lebih menarik dengan grafik menggunakan excel, jadi Anda tidak perlu risau lagi untuk menyampaikan data Anda karena tampilannya yang monoton yaa!

Tinggalkan komentar